FOLLOW US
banner

Apakah Merchandise Penting Untuk Meningkatkan Brand Awareness?

2020-03-17

Saat ini salah satu cara paling efektif untuk menarik minat konsumen Anda adalah dengan menggunakan merchandise, banyak perusahaan yang menyediakan merchandise untuk meningkatkan brand awareness mereka atau bahkan menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk mereka. Namun ada beberapa cara yang harus diperhatikan ketika Anda ingin membuat merchandise untuk produk Anda, yuk simak apa saja yang harus Anda perhatikan ketika Anda ingin membuat merchandise!

  1. Memilih barang yang sesuai dengan target konsumen Anda

Ketika Anda memilih barang untuk dijadikan merchandise produk Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah Anda harus mengenali pasar Anda. Jika target pasar Anda adalah anak-anak maka Anda harus mencari merchandise sesuai dengan target market Anda seperti pencil atau mainan, jika target market Anda adalah ibu rumah tangga maka Anda dapat menyesuaikan merchandise produk Anda dengan menggunakan barang-barang yang sekiranya dibutuhkan oleh ibu rumah tangga seperti piring atau peralatan masak lainnya. Ketika target market Anda sudah Anda tentukan maka untuk melakukan promosi atau membuat merchandise akan semakin mudah dan tepat sasaran.

  1. Siapkan biaya produksi yang cukup

Walaupun disebut sebagai “hadiah” atau “gratis” konsumen tidak akan senang menerima barang tersebut jika kualitas dari produk tersebut dibawah standar atau hanya dibuat dengan seadanya. Jika begitu nilai yang ingin Anda sampaikan melalui “hadiah” tersebut tidak akan diterima oleh pelanggan Anda karena pelanggan Anda tidak memiliki kesan terhadap merchandise yang Anda berikan.

  1. Berikan produk yang bermanfaat

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, sebaiknya jika Anda ingin membuat merchandise Anda kenali terlebih dahulu target market Anda agar merchandise yang telah dibuat oleh perusahaan Anda tidak terbuang sia-sia dan pelanggan juga dapat menrasakan manfaat dari merchandise yang Anda sediakan. Dengan begitu selain pelanggan senang, produk Anda juga menjadi lebih diingat oleh pelanggan.

  1. Sesuaikan merchandise dengan trend

Membuat merchandise juga harus memperhatikan event atau kegiatan yang sedang ramai diperbincangkan dikalangan masyarakat. semakin produk Anda menawarkan barang yang sedang trend maka kemungkinan besar pelanggan akan semakin senang karena pelanggan akan merasa jika perusahaan atau produk Anda mengerti mereka dan akan menjadi lebih senang dengan produk Anda.

Perlu diperhatikan jika memberikan merchandise atau memberikan produk gratis merupakan hal yang efektif untuk dilakukan oleh perusahaan Anda agar meningkatkan penjualan dan juga brand awareness untuk produk Anda.

Share